RSS

start menu


START MENU
Menu Start dan Button Mulai adalah elemen antarmuka pengguna yang digunakan dalam versi sistem operasi Microsoft Windows dan dalam beberapa window manager X. Tombol Start menyediakan titik peluncuran pusat untuk aplikasi dan tugas.
Pada sistem operasi Windows sebelum Windows Vista, tombol Start terdiri dari "Start" kata dan Logo Windows (kata "Start" itu terlokalisasi untuk setiap versi bahasa yang berbeda dari sistem, misalnya membaca Avvio dalam bahasa Italia). Pada Windows Vista dan Windows 7 desktop, kata "Start" telah digantikan oleh Windows biru logo "bola". Namun pengguna dapat kembali ke menampilkan kata "Start" dan Logo Windows dengan menetapkan tema untuk Windows Classic.
Secara tradisional, menu Start menyediakan daftar bersarang disesuaikan program bagi pengguna untuk memulai, serta daftar dokumen yang terakhir dibuka, cara untuk menemukan file dan mendapatkan bantuan, dan akses ke pengaturan sistem. Kemudian perangkat tambahan melalui Windows Desktop Pembaruan termasuk akses ke folder khusus seperti "My Documents" dan "Favorit" (bookmark browser). Menu Start Windows XP diperluas untuk mencakup berbagai folder My Documents (termasuk My Music dan My Pictures), dan item lainnya ditransplantasikan seperti My Computer dan My Network Places dari desktop Windows.
Menu Start bukan merupakan fitur yang benar-benar penting, karena program-program dan file juga dapat
dibuka dengan menavigasi kepada mereka dalam antarmuka Windows Explorer. Namun, menu Start menyediakan cara yang lebih cepat dan lebih mudah untuk program yang terbuka, bahkan untuk pengguna yang telah berpengalaman, dan mengkonsolidasikan daftar program ke dalam satu tempat. Microsoft menggunakan menu Start lainnya dalam setiap versi Windows sebagai cara untuk melindungi pengguna pemula dari kompleksitas dari sistem operasi. Sebagai contoh, pada Windows XP, akar, Program Files dan folder Windows yang tersembunyi dari pengguna secara default, dan akses ke program ini diharapkan akan dicapai melalui menu Start.
Microsoft telah pensiun menu Start pada Windows 8 dan menggantinya dengan tablet dan sentuhan 'Mulai Layar' berorientasi didasarkan dari UI Metro baru.
Sejarah
Windows 95 menu Start
Dalam versi awal dari Windows program yang disebut MS-DOS Executive disediakan manajemen file dasar dan kemampuan program menu. Hal ini akhirnya digantikan oleh File Manager program dan Manajer Program di Windows 3.0, dengan Manajer Program mengambil peran menu program.
Program Manager adalah aplikasi windowed penuh, yang mengharuskan seluruh layar untuk digunakan secara efektif. Ini terdiri dari antarmuka beberapa dokumen sederhana yang memungkinkan pengguna untuk membuka "kelompok program" dan kemudian jalankan cara pintas ke program terkandung di dalamnya.
Menu Start pertama kali diperkenalkan pada Windows 95 menggantikan Manager Program, yang sebanding dalam beberapa hal dengan "Menu Apple" Apple Macintosh. Hal ini juga membual beberapa keunggulan dibandingkan Program Manager. Manajer Program telah tidak memiliki kemampuan untuk kelompok sarang dalam kelompok-kelompok lainnya, namun tidak ada pembatasan tersebut dengan menu Start, di mana Mulai folder menu bisa berisi sub-folder. Produk ini juga dapat hanya ditambahkan ke menu Start dengan menggunakan drag-and-drop untuk drop file program, file dokumen ke tombol Start.
 Evolusi
Kemudian perkembangan di Internet Explorer dan Windows rilis berikutnya telah memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan menu Start dan akses dan memperluas Favorit Internet Explorer, My Documents, dan Administrative Tools (Windows 2000 dan kemudian) dari menu Start.
Revisi yang paling signifikan ke menu Start sejak awal datang di Windows XP. Untuk membantu pengguna mengakses lebih luas tujuan umum lebih mudah, dan untuk mempromosikan rasa yang lebih besar "kepribadian", menu Start telah diperluas untuk dua kolom, kolom kiri berfokus pada aplikasi pengguna diinstal, sedangkan yang benar- kolom sebelah menyediakan akses ke dokumen pengguna, dan fungsi sistem. Link ke Dokumen, Gambar dan Folder khusus lainnya dibawa ke permukaan. Komputer dan Jaringan (Network Neighborhood di Windows 95 dan 98) ikon juga dipindahkan dari Desktop dan masuk ke menu Start, sehingga lebih mudah untuk mengakses ikon sementara sejumlah aplikasi yang terbuka (mereka bisa dikembalikan opsional di Display Properties panel kontrol "Desktop" pengaturan). Program yang umum digunakan secara otomatis ditampilkan di menu sebelah kiri, dan pengguna dapat memilih untuk "pin" program ke menu Start sehingga mereka selalu dapat diakses tanpa harus menavigasi melalui folder Program.
Pada Windows Vista, menu Start mengalami beberapa perubahan yang signifikan, dengan tombol taskbar tidak lagi berlabel "Start" tetapi memiliki bola Windows. Di tingkat atas, menu Start, seperti di Windows XP, memiliki dua kolom pilihan menu. Dalam konfigurasi default, "Run," dan "Printers" pilihan tidak muncul. Namun, barang-barang dapat ditambahkan ke menu Start. Salah satu penambahan utama dengan Windows Vista adalah sebuah jendela Cari atau kotak, di mana pengguna dapat mulai mengetik segera. Isi dari menu Start sendiri diindeks dan dicari, selain indeks pencarian global. Jika pengindeksan dihidupkan, kotak pencarian kembali hasil on-the-fly sebagai jenis pengguna ke dalamnya. Hal ini memungkinkan menu Start untuk bertindak sebagai peluncur aplikasi yang cepat dan kuat. Pencarian menu Start juga berfungsi sebagai perintah Run dari versi Windows sebelumnya, cukup mengetik perintah apapun akan mengeksekusinya. Perintah Run juga dapat ditambahkan secara terpisah ke kolom kanan pada menu Start.
Perubahan besar lain ke menu Start pada Windows Vista adalah bahwa hal itu tidak lagi menyajikan menu Semua program sebagai daftar Cascading horizontal memperluas yang memanfaatkan seluruh ruang layar, melainkan sebagai tampilan folder bersarang dengan ukuran tetap. Daftar item submenu dan tunggal muncul atas isi kolom kiri dengan tombol Kembali di bawahnya. Subfolder membuka dan menutup secara vertikal dalam daftar ketika tunggal diklik, dalam mode seperti pohon mirip dengan Windows Explorer. Item tunggal muncul di bagian atas dan folder muncul di bagian bawah. Melayang mouse di atas folder tidak membukanya, folder perlu diklik. Keterbatasan dari menu Start baru adalah bahwa subfolder dalam menu Program Semua tidak dapat dibuka hanya dengan mencari atau mengklik ganda. Juga, karena lebih banyak program yang diinstal, scroll bar vertikal muncul antara dua kolom. Sebuah ikon dinamis berubah menampilkan gambar tampilan pengguna secara default hadir di bagian atas kolom kanan. Ini berubah sebagai pengguna mengarahkan kursor ke item lainnya untuk mencerminkan ikon yang item. Aksi Tombol Power dikonfigurasi melalui pilihan Power di Control Panel, meskipun pengaturan default adalah untuk menempatkan komputer ke modus Sleep. Pengguna dapat dengan cepat mengunci account pengguna mereka dengan menekan tombol Lock. Tambahan daya dan akun tindakan terkait tercantum dalam sub menu-yang muncul ketika panah kecil di sebelah tombol Lock diklik.
Seperti Windows XP, Windows Vista memungkinkan pengguna untuk beralih kembali ke pra-Windows XP gaya menu "Klasik" Start.
Pada Windows 7, pra-Windows XP "klasik" menu Start telah dihapus. Kotak pencarian telah diperpanjang untuk mendukung pencarian item Control Panel. Hasil pencarian sekarang overlay pada kedua kolom dari menu Start. Sekarang ada tombol power yang berhubungan tunggal (bukan dua tombol di Windows Vista) dengan semua tindakan daya lainnya dapat diakses dari menu pop-up sekunder. Link kolom kanan ke Perpustakaan masing bukan folder biasa. Item pada menu Start juga mendukung Langsung daftar melalui tombol kaskade di sebelah kanan mereka.
Rincian teknis
Pengguna dapat menambahkan entri dengan menciptakan berbagai folder dan cara pintas dalam folder menu Start, terletak pada hard drive. Ini muncul di bagian terpisah di bagian atas menu Start, atau, jika ditempatkan di Program sub-folder, dalam menu Programs.
Pada Windows 95, Windows 98 dan Windows Me, itu terletak di% windir% \ Start menu, atau, jika ada beberapa pengguna,% windir% \ Profiles \ username \ Start Menu.
Pada Windows NT 4.0, folder terletak di% systemroot% \ Profiles \% username% \ Start menu untuk pengguna individu, atau% systemroot% \ Profiles \ All Users \ Start menu untuk semua pengguna secara kolektif. Salah satu fitur yang membedakan adalah Windows NT 4.0 adalah bahwa menu Start memisahkan per-user pintas dan folder dari cara pintas Semua pengguna dan folder dengan garis pemisah dan digunakan ikon yang berbeda untuk folder program di per-user dan Semua pengguna Menu-menu seperti yang terlihat dalam ini screenshot.
Pada Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003, folder terletak di% userprofile% \ Start menu untuk pengguna individu, atau%% ALLUSERSPROFILE menu Start \ untuk semua pengguna secara kolektif.
Pada Windows Vista, Windows 7, Windows Server 2008, dan Windows 8 folder terletak di% AppData% \ Microsoft \ Windows \ Start Menu untuk pengguna individu, atau% ProgramData% \ Microsoft \ Windows \ Start menu untuk semua pengguna secara kolektif.
Sebelum Windows Vista, nama folder "menu Start" memiliki nama yang berbeda pada non-Inggris versi Windows. Sebagai contoh, pada versi Jerman Windows XP itu adalah "startmenu". Installer Windows umumnya menggunakan Windows API untuk mengetahui nama asli dan lokasi dari menu Start dan folder Desktop. Namun, sejak Windows Vista, semua Versi Windows menggunakan folder yang sama bernama bahasa Inggris dan hanya menampilkan nama yang berbeda di Windows Explorer.
Tweaks
The Windows Power Toy TweakUI menawarkan kustomisasi lain, termasuk mempercepat waktu respon dari menu Start, animasi jendela, dan lainnya "kuasa pengguna" hacks. Pada Windows XP dan Windows Vista, adalah mungkin untuk mencegah aplikasi tertentu agar tidak muncul dalam daftar program baru-baru ini dengan memodifikasi registry Windows.
Mulai screen
Layar Start pada Windows 8
Layar Mulai adalah penerus dari menu Start. Fitur ini hadir di Windows Phone, Windows 8, dan Windows Server 2012. Layar Start dirancang untuk interaksi sentuh dan menggunakan ubin dinamis, bukan statis ikon komputer untuk mewakili aplikasi. Ubin tersebut dapat memperbarui pengguna status perangkat lunak. Sebagai contoh, ubin untuk aplikasi Pesan dapat menampilkan pesan terakhir pengguna telah menerima.
Sejak Windows 8 tidak menampilkan tombol Start pada taskbar, layar Start diakses dengan baik mengklik sudut kiri bawah layar (di mana tombol start akan secara default dalam versi Windows sebelumnya), atau dengan menekan Start tombol pada bar Charm. Selain itu, tombol Windows pada keyboard atau pada perangkat mobile juga memanggil layar Mulai.
Sistem operasi lain
Menu Start juga hadir dalam rilis Windows CE dan Windows Mobile. Pada Windows Mobile Standard, yang berjalan pada Smartphone, menu Start, menghasilkan layar yang terpisah dari ikon. Menu Start pada Windows CE dan Windows Mobile Standard adalah, secara default, yang terletak di bagian bawah layar, di Windows Mobile Classic atau profesional, bagaimanapun, terletak di bagian atas layar.
Desktop Linux Banyak meliputi fitur mirip dengan start menu, perbedaan utama adalah bahwa dalam, aplikasi dibagi ke dalam kategori.
The Linux Mint Cinnamon menu Start
Ubuntu menu Start (bagian dari lingkungan desktop Unity)
KDE Kickoff Application Launcher
Antarmuka yang mirip dengan menu Start juga dapat ditemukan di antara distro Linux sebagai manajer Jendela berikut menyediakan antarmuka yang mirip dengan menu Start:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar